Yuk, Jaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba

Yuk, Jaga Kesehatan Selama Musim Pancaroba

Kesehatan kita seringkali dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari pola hidup, makanan dan minuman yang dikonsumsi, lingkungan, dan tak terkecuali musim yang mempengaruhi kondisi cuaca.

Umumnya, pada akhir tahun seperti ini, hampir seluruh wilayah di Indonesia mengalami musim pancaroba. Yaitu peralihan musim yang ditandai oleh keadaan udara tidak menentu seperti angin besar dan sebagainya. Pancaroba juga dapat disebut sebagai kondisi peralihan antara musim kemarau  ke musim hujan, dan sebaliknya.

Musim ini pun sering dikaitkan dengan datangnya berbagai jenis penyakit. Sebab, perubahan cuaca yang terjadi begitu cepat dapat meningkatkan risiko tubuh terserang penyakit.

Faktornya lain yang mempengaruhi yaitu, pada saat peralihan musim kemarau ke musim hujan membuat udara jauh lebih dingin. Hal yang menyebabkan virus lebih mudah bertahan dan lebih cepat berkembang biak berkali lipat, dan membuatnya lebih mudah menyerang manusia.

Selain itu, udara dingin juga berdampak buruk pada kinerja sistem imun dalam melindungi tubuh dari virus-virus tersebut. Sebab, ketika tubuh terpapar udara dingin, pembuluh darah menyempit sebagai upaya mempertahankan suhu di organ-organ tubuh.

Akibatnya, sistem imun tubuh secara tidak langsung dapat terganggu dalam melawan infeksi virus.

Beberapa penyakit yang sering timbul adalah sakit kepala, batuk-pilek, demam berdarah (DBD), ISPA, flu, diare,  tifus, dan penyakit lain akibat virus, seperti cacar air dan campak. Sejumlah penyakit ini pun patut diwaspadai karena dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa.

Mewaspadai musim pancaroba penting karena penyakit karena virus akan lebih mudah untuk berkembang biak saat peralihan musim. Dengan kondisi lingkungan yang lembab dan paparan sinar matahari yang mulai berkurang pertumbuhan virus akan berlangsung lebih cepat.

Untuk itu, kita harus lebih waspada menghadapi musim pancaroba ini. Kondisi cuaca yang buruk pun harus diantisipasi dengan menjaga kondisi tubuh dengan baik agar terhindar dari berbagai penyakit yang berkembang di musim pancaroba.

Untuk itu penting menjaga kesehatan selama musim pancaroba, dan berikut tips yang bisa Anda ikuti:

  • Bawalah Jaket Atau Jas Hujan

    Salah satu ciri dari musim pancaroba adalah perubahan cuaca ekstrem yang dapat terjadi di hari yang sama. Bisa saja cuaca sangat cerah ketika Anda keluar rumah, tetapi tidak berapa lama kemudian terjadi hujan lebat. Jangan lupa tetap membawa jaket atau jas hujan meskipun cuaca tidak terlihat mendung.
  • Penuhi Kebutuhan Asupan Harian Anda

    Jika kebutuhan gizi sehari-hari terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh Anda juga dapat bekerja dengan maksimal untuk melawan penyakit yang masuk ke tubuh.
  • Konsumsi Vitamin yang Cukup

    Meskipun semua vitamin sama pentingnya bagi tubuh, tetapi salah satu vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun adalah vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C, sistem kekebalan tubuh Anda dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit. Vitamin ini dapat Anda temui secara alami di sayur dan buah seperti brokoli, jeruk, pepaya, dan mangga.

Jika Anda mengalami atau merasa tubuh mulai kurang fit dan sehat, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter yang ada di RSBP Batam. Untuk menghubungi atau mengetahui jadwal dokter di RSBP Batam, Anda dapat mengklik tautan berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *