Musim Liburan, Yuk Tetap Jaga Kesehatan Saat Traveling

Musim Liburan, Yuk Tetap Jaga Kesehatan Saat Traveling

Memasuki bulan Desember, tandanya kita juga sudah masuk ke musim liburan! Pasti beberapa dari kita sudah menyiapkan destinasi liburan untuk akhir tahun ini kan? Terlebih lagi di musim liburan kali ini, dimana kita sudah bisa lebih leluasa bepergian setelah 2 tahun dilanda pandemi COVID-19. Meskipun demikian, selain mempersiapkan itinerary selama liburan kita juga harus tetap selalu mawas diri menjaga kesehatan diri selama bepergian. Akan sia-sia jika kita sudah mempersiapkan semua perencanaan liburan dengan matang, namun ternyata kondisi tubuh kita tidak fit untuk perjalanan. Nah, sebelum memulai liburannya, yuk simak tips menjaga kesehatan sebelum dan selama travelling!

  1. Kenali Destinasi Tujuan

Sebelum meluncur ke destinasi liburan, pastikan Anda sudah mengetahui lebih lanjut mengenai tempat tersebut. Mulai dari suhu dan cuaca setempat, fasilitas kesehatan yang tersedia, serta jangan lupa juga mengenai regulasi vaksin yang diperlukan.

  1. Sedia Obat-obatan dan Vitamin

Obat-obatan dasar, seperti plester luka, obat penurun panas, sakit perut, diare, sakit kepala, serta vitamin juga perlu dimasukkan ke dalam daftar barang yang perlu Anda bawa selama bepergian. Kita tidak pernah tahu kapan hal buruk akan terjadi saat sedang travelling, maka dari itu ada baiknya kita mencegah dengan menyediakan P3K serta obat-obatan yang memang Anda perlukan.

Perbedaan cuaca dan aktivitas yang Anda lakukan selama berlibur dapat membuat Anda lebih rentan terkena berbagai penyakit, maka dari itu konsumsi vitamin juga bisa menjadi trik jitu untuk memperkuat sistem imun serta daya tahan tubuh.

  1. Berhati-hati dalam Memilih Makanan

Saat sedang travelling tentunya kita ingin mencoba beragam makanan khas dari daerah yang kita kunjungi, namun jangan lupa untuk mencari tahu kandungan serta kebersihan dari makanan tersebut. Sesuaikan juga jika Anda memiliki alergi dengan makanan tertentu.

  1. Cukupi Asupan Air Putih dan Lakukan Olahraga Ringan

Mengonsumsi air putih merupakan salah satu tips untuk menjaga badan agar selalu bugar selama travelling, kebanyakan orang selalu menghiraukan rasa haus ketika sedang berpergian padahal tanpa disadari tubuh kita sudah menunjukkan gejala dehidrasi ringan. Terlebih jika Anda banyak bergerak atau beraktivitas selama liburan. Tidak hanya itu saja, melakukan olahraga ringan juga dapat membantu untuk jaga kondisi tubuh Anda agar selalu fit selama liburan.

  1. Istirahat yang Cukup

Meski sedang sibuk mengeksplor destinasi liburan, namun waktu tidur yang cukup juga penting. Dalam beberapa situasi dan kondisi seperti perbedaan zona waktu dan jet lag dapat membuat waktu tidur Anda menjadi berantakan, namun sebaiknya Anda selalu mengupayakan tidur dengan cukup agar tidak mengganggu kondisi tubuh.

6. Selalu Menggunakan Masker

Walaupun saat ini penyebaran COVID-19 sudah dimasukkan ke dalam kategori endemi, tetapi tidak ada salahnya jika kita tetap memproteksi diri dengan selalu mengenakan masker dan hindari destinasi liburan yang berpotensi menimbulkan keramaian.

Agar Anda lebih yakin sebelum melakukan liburan, tidak ada salahnya jika melakukan pre-travel check up dengan dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau akan bepergian dalam waktu yang cukup lama. Selain untuk mengetahui kondisi tubuh, dokter juga dapat menyarankan obat-obatan serta vitamin yang akan Anda bawa selama berlibur.Anda juga bisa melakukan pre-travel check up di RSBP Batam dengan dokter terkait. Untuk mengetahui jadwal dokter yang tersedia di RSBP Batam, Anda bisa klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *