Waktu Layanan:
Senin – Sabtu: 07.30 – 17.00 WIB

ALAMAT

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, No. 1, Sekupang, Batam

CALL CENTER

0778-324391 (IGD)
0778-327629 (iSTEMI)

Umum/MCU

Umum/MCU

Aktifitas di Poli Umum antara lain sebagai berikut.

  • Pendaftaran.
  • Pemaggilan pasien berdasarkan nomor urut.
  • Menuliskan nomor jaminan pada klaim jaminan, untuk pasien peserta jaminan kesehatan.
  • Melakukan Kajian awal klinis , bagi pasien baru dan pasien yang belum pernah dilakukan kajian awal.
  • Melakukan anamnesa, pemeriksaan dan tatalaksana penderita.
  • Melakukan pencatatan rekam medik pasien.
  • Pengobatan medik dasar sesuai pedoman.
  • Penyuluhan tentang penyakit dan pola hidup sehat.
  • Konseling medik umum.
  • Menerima rujukan internal.
  • Melakukan rujukan kasus spesialistik.
  • Menerbitkan surat keterangan sakit/sehat yang ditandatangani dokter, bila diperlukan.

Umumnya pasien keluar dari Poli Umum Rawat Jalan adalah mendapatkan resep untuk obat yang harus diambil di Apotek, dan atau mendapatkan rujukan ke Poli Spesialis atau ke Rawat Inap. Poli Umum Rawat Jalan disebut juga one day care; karena bisa diselesaikan pada hari itu juga.

IGD

Instalasi Gawat Darurat (IGD) melayani pertolongan pertama pada kasus/penyakit yang tergolong emergency, yaitu melakukan diagonis dan pengobatan pada penyakit akut dan cidera yang memerlukan tindakan segera. Pasien yang datang di IGD selalu dinilai kegawatannya menjadi 3 prioritas, menjadi prioritas 1, 2 dan 3. Prioritas 1 yaitu kasus/penyakit dengan kegawat daruratan yang mengancam jiwa dan gawat darurat berat. Prioritas 2, untuk gawat darurat ringan. Prioritas 3 untuk kasus/penyakit yang bukan gawat darurat. Pasien dengan prioritas 1 menjadi pilihan pertama petugas untuk mendahulukan pelayanan. Sampai kondisinya stabil baru melayani pasien prioritas 2 dan seterusnya. Karena itu, perlu pengertian dan kesabaran dari pasien atau pengantarnya. Prioritas 1, 2, dan 3 ditentukan oleh dokter IGD sesuai derajat kegawatannya.

Treatment

  • Melayani keadaan klinis yang membutuhkan tindakan medis segera untuk penyelamatan nyawa dan pencegahan kecacatan.
  • Melayani Pelayanan kegawat daruratan yaitu tindakan medis yang dibutuhkan oleh pasien gawat darurat dalam waktu segera untuk menyelamatkan nyawa dan pencegahan kecacatan.
  • Menyediakan penanganan awal (bagi pasien yang datang langsung ke rumah sakit)/lanjutan (bagi pasien rujukan dari fasilitas pelayanankesehatan lain), menderita sakit ataupun cedera yang dapat mengancam kelangsungan hidup.
  • Menyelenggarakan pelayanan kegawatdaruratan yang bertujuan menangani kondisi akut atau menyelamatkan nyawa dan/atau kecacatan pasien.

Fasilitas

POLI UMUM

Ruang tunggu luas dan nyaman dengan tempat duduk yang representatif; dilengkapi dengan pengatur suhu ruangan, pesawat televisi, serta akses yang mudah ke tempat perbelanjaan retail, makanan, dll. Difasilitasi juga dengan pesawat televisi (TV kabel), toilet bersih dan terawat dan mengakomodasi kebutuhan disabilitas.

IGD

Ruangan IGD yang luas dan nyaman, dengan alat resusitasi lengkap.
Memberikan pelayanan 24 Jam dan dilengkapi dengan fasilitas penunjang:

  • Ambulance
  • Radiologi
  • Laboratorium
  • Ruang Resusitasi
  • PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal Esensial / Emergensi Komperhensif.)
  • Ruang Isolasi Emergency
  • Ruang Pemeriksaan Non Emergency
  • Ruang Triage

RSBP selalu siap memberikan pertolongan kegawatdaruratan bagi Anda dan keluarga.