Pentingnya Jaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Pentingnya Jaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Menjaga kesehatan reproduksi merupakan hal yang penting, karena gangguan atau penyakit dalam sistem reproduksi menimbulkan banyak masalah kesehatan, termasuk sulit untuk memiliki buah hati. Dalam rangka menyambut hari Ibu pada tanggal 22 Desember, kami akan memberikan informasi mengenai tips yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi wanita.

Hal pertama yang perlu kita lakukan untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi wanita adalah mengenal bagiannya terlebih dahulu. Organ reproduksi wanita terdiri dari vagina, klitoris, serviks (atau leher rahim), rahim, tuba falopi, dan ovarium atau indung telur. Organ ini memiliki berbagai fungsi penting, mulai dari sebagai jalan keluarnya menstruasi, untuk berhubungan seksual, perkembangan sel telur, kehamilan hingga persalinan. Mari kita simak beberapa tips untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita.

  1. Membersihkan Vagina dengan Baik dan Benar

Cara membersihkan vagina yang benar adalah membasuhnya dengan air dari depan ke belakang atau dari arah vagina menuju anus, terutama setelah buang air kecil dan besar. Anda tidak disarankan untuk menggunakan sabun khusus area kewanitaan yang mengandung alkohol, pewangi dan antiseptik, karena vagina merupakan organ yang dapat membersihkan dirinya sendiri.

  1. Hindari Perilaku Seksual Berisiko

Akibat perilaku seksual yang berisiko, kesehatan sistem reproduksi juga dapat terganggu. Jangan bergonta-ganti pasangan seksual, atau gunakan kondom saat berhubungan.  Perilaku seks yang tidak sehat, tidak hanya memicu gangguan pada sistem kesehatan reproduksi, namun juga dapat menimbulkan risiko terjangkit penyakit menular seksual.

  1. Melakukan Skrining Kanker Serviks

Umumnya wanita yang sudah aktif secara seksual perlu melakukan deteksi dini atau skrining kanker serviks melalui pap smear atau tes IVA. Bagi wanita yang berusia 21 tahun dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smear setiap tiga tahun sekali, sementara wanita yang berusia 30-65 tahun setiap lima tahun sekali dan dilengkapi dengan tes HPV. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi kelainan sel yang bisa memicu kanker serviks yang disebabkan oleh infeksi virus Human Papillomavirus (HPV).

  1. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi serta rutin berolahraga juga diperlukan guna menjaga kesehatan organ reproduksi. Beberapa asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh sistem reproduksi wanita terdiri dari protein, lemak sehat, antioksidan, serat dan berbagai jenis mineral seperti folat, zinc, dan zat besi. Tidak hanya itu saja, gaya hidup sehat juga perlu diimbangi dengan pengelolaan stres dan istirahat yang cukup. Olahraga juga perlu dilakukan secara rutin dan cukup dengan jenis olahraga yang ringan saja, misalnya berjalan kaki selama 30 menit dalam 2-3 kali dalam seminggu.

  1. Hindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Minuman Beralkohol

Kebiasaan merokok dapat mengurangi jumlah serta menurunkan kualitas sel telur yang akan memberikan dampak jika Anda sedang merencanakan kehamilan. Selain itu, minuman beralkohol juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan ovulasi.

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan pada kesehatan sistem reproduksi Anda di RSBP Batam, silakan menghubungi dokter spesialis kami atau klik di sini untuk mengetahui jadwal dokter RSBP Batam lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *