Pastikan untuk Urusan Kesehatan, Anda Mendapatkan Pelayanan yang Terbaik

Pastikan untuk Urusan Kesehatan, Anda Mendapatkan Pelayanan yang Terbaik

Kesehatan merupakan harta berharga yang dimiliki oleh tubuh kita. Kita memiliki kewajiban untuk selalu menjaga tubuh agar terbebas dari penyakit yang menyerang. Selain dengan olahraga yang cukup, juga disertai tidur yang berkualitas dan ditunjang makanan bergizi. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, semuanya berupaya untuk memberikan perlindungan yang terbaik untuk tubuhnya masing-masing.

Berbagai upaya untuk menjaga kesehatan tidak selamanya berjalan mulus. Kita pun kadang kala harus menuju fasilitas kesehatan semisal rumah sakit. Tentu saja tujuannya untuk mengetahui secara pasti apa yang dialami oleh tubuh kita. Sehingga ketika berbicara mengenai kesehatan, maka tidak dapat dipisahkan dari keberadaan rumah sakit. Sebuah tempat yang menumbuhkan pengharapan sekaligus ikhtiar agar tubuh kembali prima seperti sedia kala.

RSBP sebagai rumah sakit ternama di Kota Batam bercita-cita mewujudkan harapan-harapan dari para pasiennya. Dengan dukungan pelayanan yang terbaik, RSBP bertekad kuat untuk memberikan rasa nyaman kepada para pasien dan pengunjungnya. Tekad kuat ini diwujudkan dengan memberikan layanan-layanan unggulan dalam upaya medis yang dilakukan.

Layanan unggulan yang diberikan oleh RSBP untuk memberikan kemudahan bagi pasien-pasien dalam mendapatkan akses kesehatan yang terbaik. Ada beberapa layanan unggulan yang sudah disiapkan oleh RSBP dalam melayani kebutuhan pasiennya. Berikut ini adalah layanan-layanan unggulan yang bisa dijumpai di RSBP.

1. Cardio Cerebro Vascular

Cardio Cerebro Vascular merupakan penyakit pembuluh darah di otak, terutama arteri otak. Arteri di otak mengantarkan darah yang memasok nutrisi dan oksigen penting ke jaringan otak. Penyakit Cardio Cerebro Vascular muncul dari waktu ke waktu karena pembuluh darah di otak rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh hipertensi atau tekanan darah tinggi intermiten, kolesterol tinggi, diabetes, penyakit pembuluh darah turunan, atau merokok.

Seiring dengan adanya tren peningkatan pasien dengan diagnosis penyakit pembuluh darah di otak, RSBP menambah jumlah daya tampung khusus penyakit tersebut. Selain itu, RSBP juga menambah teknologi yang bisa memberikan layanan terbaik bagi para pasien. RSBP menjadi rumah sakit pionir yang memiliki fasilitas terkini untuk urusan penyakit pembuluh darah di otak.

2. Trauma center

Layanan unggulan lainnya yang dapat ditemui adalah trauma center. Trauma center merupakan fasilitas yang disediakan guna menangani pasien khusus yang mengalami trauma atau kecelakaan kerja. Layanan Trauma Centre ini mencakup, Sub-Spesialis Bedah Onkologi, Sub-Spesialis Bedah Digestive, Sub-Spesialis Ginekologi Onkologi, Sub-Spesialis Pediatrick Emergency, Spesialis Mata Viteoretina, Bedah Saraf, Bedah Ortopedi, Bedah Torak, Bedah Umum, Bedah Anak, Bedah Mulut, Spesialis Urologi, Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT), dan Spesialis Mata. Kemampuan tenaga kesehatan juga sangat bisa diandalkan karena memiliki sertifikat keahlian tingkat nasional di bidang penanganan trauma.

Layanan unggulan yang diberikan untuk penanganan pasien di trauma center didukung peralatan seperti :

  • CT-Scan 128 Slices, yang merupakan tipe tertinggi di jenisnya,
  • Auto Pulse,
  • USG 4D, serta
  • Cath Lab.

Dalam mendukung kesempurnaan pelayanan penanganan pasien di trauma center, beberapa instalasi dan unit pelayanan yang terintegrasi juga sudah disiapkan dengan baik. Instalasi dan unit pendukung yang ada di trauma center antara lain:

  • Instalasi Rawat Darurat (IRD),
  • ambulance,
  • pelayanan penunjang diagnostik 24 jam (laboratorium, radiologi, dan sebagainya),
  • ICU,
  • ruang rawat inap,
  • layanan farmasi 24 jam (apotek),
  • rehabilitasi medik, dan
  • fasilitas pasca perawatan rumah sakit.

3. Onkologi

Berdasarkan data yang dirilis WHO pada tahun 2018 menyatakan bahwa 1 dari 6 kematian dikarenakan oleh kanker. Melihat data tersebut, RSBP memberikan layanan unggulan, khususnya di bidang onkologi. Secara ringkasnya, onkologi adalah cabang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan penyakit kanker. Sebagai rumah sakit yang dipercaya oleh masyarakat di Batam, RSBP menyediakan pelayanan di bidang onkologi secara spesifik.

Dengan keahlian dokter spesialis di bidang kanker. Penanganan kanker dengan cara pembedahan, seperti pengangkatan jaringan tumor dan biopsi. Selain memberikan pengobatan, dokter spesialis kanker juga bertanggung jawab untuk memberikan rekomendasi penanganan medis yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien, mengevaluasi hasil pengobatan, dan merawat kondisi pasien setelah pengobatan. Apabila pasien kanker memerlukan pengobatan khusus, dokter onkologi akan bekerja sama dengan beberapa dokter dari bidang lain untuk membantu proses pengobatan.

Tindakan medis yang dapat dilakukan dokter spesialis onkologi RSBP, di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Kemoterapi
    Kemoterapi dilakukan dengan menyuntikkan berbagai obat-obatan ke dalam tubuh untuk menghancurkan sel kanker dan mencegah pertumbuhan sel kanker kembali.
  • Radioterapi
    Radioterapi adalah metode pengobatan dengan menggunakan sinar radiasi frekuensi tinggi untuk membunuh sel kanker.
  • Transplantasi Sumsum Tulang
    Prosedur medis ini dilakukan untuk memperbarui sumsum tulang yang rusak akibat pertumbuhan sel kanker. Prosedur ini banyak dilakukan dalam penanganan kanker darah seperti limfoma, mieloma, dan leukemia.
  • Operasi
    Pembedahan menjadi salah satu prosedur medis yang sering digunakan untuk mengobati beragam jenis penyakit kanker. Prosedur ini dilakukan dengan mengangkat jaringan kanker pada bagian tubuh tertentu.

RSBP sebagai rumah sakit yang sudah memiliki akreditasi paripurna benar-benar membuktikan kualitas dan komitmennya kepada masyarakat Batam. Peningkatan teknologi, pembenahan infrastruktur, serta penambahan tenaga medis sesuai dengan slogan yang diusung. “New RSBP, New Spirit, New Services”. Dan yang pasti, RSBP siap menjadi sahabat terbaik untuk kesehatan Anda. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.